Renungan Selasa, 30 September 2014 : Tetap Fokus

 
Pw St Hieronimus, Imam Pujangga Gereja
 
Ayb 3:1-3, 11-17, 20-23; Mzm 88; Luk 9:51-56

Ungkapan ‘Yesus diangkat ke Surga’ dalam 9:51 tidak berhubungan langsung dengan kenaikan Yesus, tetapi memberi bingkai arah perutusan yang di terima Yesus dari Bapa, yaitu menuju Paskah sebagai puncak karya-Nya yang mengubah sejarah dunia. Pengangkatan atau peninggian Yesus dalam Injil Yohanes mencakup misteri hidup, penderitaan, wafat, kebangkitan, dan kenaikan ke surga.

Tindakan Yesus mengirim utusan yang mendahului-Nya ke Yerusalem menegaskan bahwa perjalanan Yesus juga perjalanan murid, yang harus siap mati demi Kerajaan Allah. Yakobus dan Yohanes, si ‘anak-anak guru’ marah terhadap penolakan orang-orang Samaria dan berniat membinasakan mereka. Pesan Yesus di balik teguran kepada para murid cukup jelas; Ia datang bukan untuk membinasakan, tetapi menyelamatkan!

Seorang murid tak membalas kejahatan dengan kejahatan. Utusan sejati tak membiarkan perhatian dicuri oleh perselisihan yang dapat melahirkan rencana atau tindakan tak terpuji. Ia tetap fokus dan mengarahkan pandangan ke depan, ke tempat di mana ia harus pergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar