Renungan Rabu, 01 Oktober 2014 : Memahami Syarat

 
Pesta St Teresia dari Kanak-Kanak Yesus
 
1 Kor 12:31-13:13; Mzm 131; Mat 18:1-5

Dalam banyak kesempatan melayani sesi tanya jawab, beberapa kali saya mengalami kesulitan, lantaran pertanyaan yang diajukan tak logis dan memantulkan kacau pikiran si penanya. Hari ini, Matius mengangkat pertanyaan yang di lontarkan para murid kepada Yesus, “Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Surga?” Pertanyaan aneh! Kerajaan Surga adalah Kerajaan terbesar dan Allah yang empunya Kerajaan itu Maha Besar. Adakah sesuatu atau seseorang yang masih dapat disebut lebih besar daripada-Nya?

Penginjil Markus mencatat para murid bertengkar tentang siapa yang paling besar. Maka, tak heran jika tema ini dibingkai dua perikop yang cukup berat, yaitu kecaman Yesus terhadap orang yang kurang percaya dan kritik pedas Yesus terhadap orang yang menyesatkan sesama. Yesus tidak langsung menjawab tentang siapa yang terbesar dalam Kerajaan Surga. Ia mengajar para murid memahami lebih dulu tiga syarat untuk masuk Kerajaan Surga; bertobat, menjadi seperti anak kecil, dan rendah hati.

St Teresia dari Kanak-Kanak Yesus, semoga teladan cinta kasih dan kerendahan hati yang sangat cemerlang dalam hidupmu, mendorong kami keluar dari cinta diri yang berlebihan dan ambisi keliru untuk memperoleh kedudukan terbesar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar