Renungan Senin, 29 September 2014 : Dilindungi Malaikat

 
Pesta Malaikat Agung
 
Dan 7:9-10, 13-14; Mzm 138; Yoh 1:47-51

Filipus membawa Natanael kepada Yesus. Iman dan kejujuran Natanael di puji Yesus. Ia akan melihat hal-hal besar yang dijanjikan Yesus, antara lain ”melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia” (1:50-51). Hari ini Gereja merayakan Pesta Malaikat Agung; Mikael, Gabriel, dan Rafael.

Mikael berarti “siapakah yang sama dengan Allah”, ia adalah pembela orang beriman dalam menghadapi bahaya dan kejahatan. Sejumlah kisah tentang Mikael tampil dalam wahyu Yohanes. Mikael juga menolong bangsa Israel dari penganiayaan dan perpecahan.

Gabriel berarti “kekuatan Allah”, ia adalah pembawa kabar gembira yang diutus untuk membantu manusia memahami pesan dan penglihatan dari Tuhan. Dalam Perjanjian Baru, peranan dia dikenal dalam kunjungan kepada Maria untuk menyampaikan berita tentang kelahiran Yesus. Sementara, Rafael berarti “Tuhan menyembuhkan”, ia diutus menjadi tabib Allah. Kitab Tobit mengangkat kisah Rafael sebagai teman seperjalanan Tobia ke negeri Media, sekaligus utusan Tuhan untuk menyembuhkan Tobias dari kebutaan dan melepaskan kuasa gelap yang mengikat Sara, anak putri Raguel.

Ada malaikat yang melindungi kita dari bahaya. Ada malaikat pembawa kabar baik dan malaikat penyembuh dalam hidup kita. Terima kasih ya... Tuhan atas penyertaan- Mu melalui para Malaikat Agung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar