Renungan Kamis, 04 September 2014 : Misi Baru


Pekan Biasa XXII
1Kor 3:18-23; Mzm 24; Luk. 5:1-11

Hari ini penginjil Lukas kembali menampilkan Yesus di tepi danau Genesaret. Mungkin saja orang banyak berdesakkan di sekitar Yesus karena ingin mendengarkan-Nya. Ia lalu berpindah keperahu Petrus dan mengajar. Orang banyak itu terkesan terhadap pribadi dan pengajaran Yesus. Tapi, tidak dikatakan secara jelas tanggapan mereka terhadap-Nya.

Kisah lalu berfokus kepada tokoh nelayan yang bernama Simon. Kesannya begitu dalam terhadap pribadi Yesus, sehingga ia membiarkan dirinya dicobai oleh-Nya, “Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah...!” (Luk 5:4). Bagi Simon, hal ini tidak masuk akal, waktu dan strateginya tidak tepat. Jawab Simon, “Karena Engkau yang menyuruhnya, aku akan.... Inilah pengakuan iman Simon. Ternyata jala itu penuh ikan. Mereka heran dan bingung tentang pribadi Yesus. Ternyata, Dia memiliki “kuasa ajaib”.

Kata-kata Yesus telah mengubah pandangan hidup mereka. Daya tarik Yesus membuat mereka melepaskan keluarga, pekerjaan, dan mengikuti Dia. Petrus telah siap meninggalkan hidupnya sebagai nelayan dan menjadi murid Yesus. Ia telah menjadi manusia baru dengan nama baru dan misi baru. Setiap langkah perubahan itu tidak mudah. Namun, sabda Yesus menjadi jaminan. “Jangan takut...!” Bagaimana sikap kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar