Renungan Rabu, 26 November 2014 : Berani Bersaksi

 
Pekan Biasa XXXIV
 
 Why 15: 1-4; Mzm 98; Luk 21:12-19

Kedua buku yang ditulis penginjil Lukas, Kisah Para Rasul dan Injil, menunjukkan kesamaan antara hidup Yesus dan hidup para murid-Nya. Yesus dimampukan oleh Roh Kudus untuk melaksanakan misi-Nya (Luk 3:22), begitu pula para murid (Kis 2:1-13). Yesus dilawan dan dibenci banyak orang, demi kian juga para murid (Luk 23:1-25 dan Kis 25-26). Yesus mengingatkan para murid-Nya, agar ketika mereka menghadapi penolakan dan kebencian, mereka tidak perlu membela diri dengan cara-cara yang biasa dipakai manusia. Sebab, Roh Yesus akan menyanggupkan mereka untuk bersaksi.

Para murid bertanya kepada Yesus tentang kapan tanda-tanda akhir zaman itu terjadi. Yesus hanya mengatakan bahwa akan didahului dengan berbagai peperangan dan bencana. Tidak seorang pun dari manusia yang hidup ini tahu kapan akhir zaman terjadi, sebab itu adalah rencana ilahi.

Yang dapat kita lakukan adalah melaksanakan kehendak Tuhan, sekalipun ada tantangan, bahkan kematian seperti Yesus. Zaman ini membutuhkan orang yang tangguh dalam iman dan mampu bersaksi tentang kebenaran dalam Yesus Kristus. Bagaimana dengan kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar