Renungan Jumat, 28 November 2014 : Musim Semi

 
Pekan Biasa XXXIV
 
Why 20:1- 4,11- 21:2; Mzm 84; Luk 21:21-33

Pewartaan tentang kedatangan Kerajaan Allah selalu disampaikan penginjil melalui kiasan. Kali ini penginjil mengangkat pohon ara yang mulai bertunas pada musim semi. Musim semi atau “primavera” adalah suatu keadaan yang menggembirakan, matahari mulai bersinar, tumbuh-tumbuhan mulai bertunas, setiap pohon mulai berbuah.

Yesus mewartakan bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Nuansa dari kerajaan tersebut seperti keindahan musim semi yang membawa semangat hidup baru. Kehidupan baru tersebut ditandai dengan pembebasan dan pelepasan dari berbagai belenggu yang selama itu dialami rakyat kecil.

Yesus meneguhkan dan memberi jaminan terhadap pelaksanaan pewartaan-Nya dengan pernyataan yang sangat tegas, “... langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan- Ku tidak akan berlalu.” Pembebasan itu benar terjadi dan nyata melalui berbagai mukjizat penyembuhan, pembangkitan orang mati, dan konflik dengan para pemimpin agama yang menindas hak-hak rakyat jelata. Bagi umat kristiani zaman sekarang, bagaimana kita mengambil bagian dalam misi pembebasan Yesus bagi sesama yang masih terbelenggu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar