Renungan Jumat, 14 November 2014 : Siap Sedia

 
Pekan Biasa XXXII
 
2 Yoh 4-9; Mzm 119; Luk 17:26-37

Yesus memberi sedikit gambaran apabila hari final itu tiba. Kedatangan Dia tanpa disertai pemberitahuan dan tanda apapun. Murid harus siap, sebab tak ada kompromi pada hari itu. Yang tercerai berai akan disatukan, yang bersatu akan tercerai-beraikan. Sekelompok orang bisa saja terlibat dalam kegiatan atau pelayanan yang sama, namun pada hari itu akan terlihat kemurnian iman dan ketulusan hati masing-masing yang belum tentu sama.

Gambaran tersebut bukan untuk menakuti murid-murid-Nya, melainkan suatu ajakan untuk menjadi orang beriman yang siap sedia, selalu berjaga, dan memiliki tekad untuk menjadi orang yang berbeda dengan orang-orang yang hidup tanpa iman. Maka iman bukanlah sesuatu yang temporer. Hidup kita mengalami pasang surut, suka duka silih berganti, sehat dan sakit turut memberi warna, tetapi kita tetap beriman sampai hari kedatangan Tuhan.

Kita tidak perlu lagi bertanya, kapan dan di mana hari terakhir itu akan tiba. Kerajaan Allah bukan perihal waktu dan tempat, melainkan anugerah keselamatan yang ditawarkan Allah kepada manusia dan oleh manusia disambut dengan iman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar